header

 

Written by Fajar Reza on . Hits: 14

Selasa (12/10/2021) Pengadilan Agama Boroko mengadakan pelayanan sidang terpadu di Desa Paku Selatan, Kec. Bolangitang Barat, Kab. Bolaang Mongondow Utara(Bolmut). Sidang Terpadu kali ini menghadirkan juga Kementerian Agama Wilayah Bolmut dan Dinas Kependudukan dan Catatan SIpil Kab. Bolmut guna menghadirkan proses penerbitan Penetapan Itsbat Nikah, Buku Nikah, KTP serta Kartu Keluarga yang langsung di serahkan kepada para pihak saat hari itu juga. Prosesi sidang terpadu ini di lakukan secara prodeo atau dengan kata lain tanpa dipungut biaya apapun.

Adapun jumlah peserta sidang itsbat nikah sebanyak 19 pasangan. Akan tetapi hanya 17 Pasangan yang hadir di hari persidangan, 2 pasangan dinyatakan gugur dikarenakan tidak dapat hadir di hari sidang yang sudah ditentukan oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Boroko.

1

 

2

 

Bupati Bolmut Drs. Hj. Depri Pontoh juga turut menghadiri Pelayanan Terpadu Sidang Di Luar Gedung Pengadilan bersama dengan launching sistem integritas data kependudukan terpadu dan pendatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pengadilan Agama Boroko bersama Kementerian Agama wilayah Bolmut dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemda Bolmut untuk peningkatan pelayanan masyarakat yang Bertempat di Aula Kantor Desa Paku Selatan Kecamatan Bolangitang Barat.'

Dalam sambutan Bupati Bolmut menyampaikan bahwa selaku pemerintah daerah saya menyambut baik atas terlaksananya pendatanganan Nota Kesepahaman bersama ini, yang merupakan salah satu terobosan dari Pengadilan Agama Boroko bersama Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan sidang terpadu itsbat nikah bagi masyarakat kurang mampu dan terpinggirkan di wilayah Kabupaten Bolmut.
Lebih lanjut pemerintah daerah mendukung sepenuhnya pelayanan terpadu ini, karena Bupati melihat masih banyak masyarakat Bolaang Mongondow Utara yang belum mempunyai buku nikah dan akta kelahiran.

3

4

 

5

 

6

 

Hal ini penting untuk menjadi perhatian dari pemerintah daerah dikarenakan setiap peristiwa perkawinan harus tercatat oleh petugas pencatat nikah dan memiliki buku inikah agar terciptanya administrasi kependudukan yang tertib sehingga memudahkan dalam pembuatan akte kelahiran serta kartu keluarga, serta sebagai bukti otentik perkawinan untuk menjamin hak hak anak atau keturunan serta hak waris.

Saya berharap, kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dalam menigkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam upaya memberikan jaminan dan pengakuan status hukum melalui kepemilikan dokumen kependudukan yang sah. Sejalan dengan 3 (Tiga) program strategis nasional dibidang kependudukan dan catatan sipil yaitu Tertib Database, Tertib Nomor Induk Kependudukan, dan Tertib Dokumen Kependudukan.

Pejabat yang menghadiri acara ini adalah Bupati Bolmut Drs. Hj. Depri Pontoh, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hj. Amin Lasena M.AP, Ketua Pengadilan Agama Boroko Muhammad Anwar Umar S.Ag beserta jajaran, Kepala Kementerian Agama Wil. Bolmut Basri Saenong, M.Pd beserta jajaran, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat R. Pontoh S.H., M.Si, Pimpinan OPD Terkait, Camat Bolangitang Barat Supriadi Goma S.Pdi, Kapolsek Bolangitang IPTU Herdi Manampiring SH, Camat Pinogaluman, Pejabat TNI/Polri, dan Para Sangadi Se-kecamatan Bolangitang Barat.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Boroko

Jln. Trans Sulawesi, Desa Bolangitang, Kec. Bolangitang Barat, Kab. Bolaang Mongondow Utara-Sulawesi Utara

Telp : 0434-2606867
Fax :  0434-2606867

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Boroko@2021